Artikel

online-student-cropped
< class="entry-title obfx-grid-title"> Cara menciptakan kelas online yang interaktif di tengah pandemi COVID-19: pelajaran dari Singapura

Riset menunjukkan bahwa murid dan mahasiswa akan belajar lebih baik ketika mereka terlibat secara aktif , daripada hanya mendengarkan ceramah dari pengajar secara pasif. Namun, pandemi COVID-19 telah memaksa terjadinya hal yang tidak kita bayangkan sebelumnya yaitu kelas-kelas daring menggantikan proses belajar konvensional tatap muka. Selama tiga tahun terakhir, tim dosen dan asisten pengajar kami di National University of Singapore berhasil… Read More »Cara menciptakan kelas online yang interaktif di tengah pandemi COVID-19: pelajaran dari Singapura

online-student-cropped
< class="entry-title obfx-grid-title"> Untuk mensukseskan online learning, guru harus dilatih menyambut ketidakpastian dalam proses belajar

Kebijakan belajar dari rumah untuk menghambat penyebaran coronavirus telah meningkatkan intensitas pembelajaran daring. Ketersediaan infrastruktur digital yang minim dan kesenjangan digital yang tinggi melahirkan berbagai tantangan besar untuk pelajar di Indonesia. Namun, terdapat permasalahan yang lebih mendasar. Pembelajaran daring memperparah kelemahan yang terdapat pada metode mengajar satu arah yang selama ini banyak diterapkan tenaga pendidik Indonesia –… Read More »Untuk mensukseskan online learning, guru harus dilatih menyambut ketidakpastian dalam proses belajar

dylan-ferreira-HJmxky8Fvmo-unsplash
< class="entry-title obfx-grid-title"> Tiga langkah strategis untuk dukung budaya pembelajaran daring pasca COVID-19

Peningkatan jumlah kasus positif di Indonesia akibat COVID-19 membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merekomendasikan pembelajaran daring sebagai upaya menurunkan angka penyebaran virus. Meski terdapat beberapa universitas ternama di Indonesia yang sudah siap melakukannya, hadirnya COVID-19 menunjukkan ketidaksiapan jauh lebih banyak institusi pendidikan di Indonesia dalam menerapkan sistem pembelajaran daring. Misalnya, pemanfaatan teknologi pembelajaran daring masih didominasi oleh… Read More »Tiga langkah strategis untuk dukung budaya pembelajaran daring pasca COVID-19

nadiem
< class="entry-title obfx-grid-title"> Sekolah perlu terapkan kurikulum mandiri saat pandemi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) awal bulan ini menawarkan tiga alternatif adaptasi ‘kurikulum darurat’. Skema adaptasi ini diharapkan dapat melancarkan proses pembelajaran bagi sekolah di 227 kabupaten/kota yang masih tutup karena risiko penyebaran COVID-19. Salah satu dari tiga skema tersebut adalah adalah pilihan bagi sekolah untuk mengurangi Kompetensi Dasar di mata pelajaran tertentu hingga 30% di tingkat Sekolah Dasar… Read More »Sekolah perlu terapkan kurikulum mandiri saat pandemi